Nggak Ngerti Komputer?

komputerDengan komputer, kita bisa melakukan banyak hal dengan mudah dan cepat. Jadi, kuasai komputer sekarang juga. Hari gini, nggak ngerti komputer? Wah, wah, jangan sampai deh, kamu diledekin seperti itu. Karenanya, walau masih duduk di bangku SD atau SMP, kalian mesti bisa mengoperasikan komputer.

Apa sih pentingnya komputer? Jelas sangat banyak. Tak heran, Pak Roy Suryo, pakar multimedia dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, menyatakan bahwa saat ini menguasai komputer sudah merupakan keharusan. ”Rasanya, saat ini wajib bagi anak-anak menguasai komputer. Banyak manfaat yang bisa kamu petik karena kamu bisa melakukan banyak hal dengan komputer.”

Jika suatu kali kamu mendapat tugas membuat karangan atau karya tulis, kamu bisa menulisnya lewat komputer. Dengan alat canggih ini, kamu pun bisa menghitung dengan cepat, mendesain sesuatu, menyimpan data, dan bisa juga untuk bermain games. Lebih asyik lagi, kamu pun bisa menambah wawasan dan mencari data jika komputer kamu disambungkan dengan saluran internet.

Menurut Pak Roy, teknologi komputer terus berkembang dari waktu ke waktu, begitu juga dengan program-programnya. ”Itu semua tujuannya untuk mempermudah dan mempercepat apa yang kita inginkan.”

Karena itu, kalau kamu sudah punya komputer, kamu mesti menguasai program untuk mengoperasikannya. ”Kalau hanya untuk mengetik, programnya microsoft word atau notepad. Kalau mengetik dengan tabel-tabel gunakan program microsoft excel. Kalau mau mendesain atau menggambar, programnya microsoft frontpage atau microsoft powerpoin,” jelas Pak Roy.

Hanya saja, tak sedikit anak-anak seusia kalian, yang lebih suka menggunakan komputer untuk main games. Wah, gimana ya kalau begini? Menurut Pak Roy, tidak masalah main games di komputer, kalau itu dimaksudkan untuk menghilangkan kejenuhan. ”Yang masalah itu, kalau kalian menggunakan komputer hanya untuk main games.” Tapi, lanjut Pak Roy, main games juga ada manfaatnya. ”Minimal, dengan main games kamu dapat menghafal tuts atau fungsi kerja dari perintah-perintah yang ada di tuts.”

Satu lagi yang diingatkan Pak Roy adalah soal waktu. Jadi, walau asyik, jangan terlalu lama berada di depan komputer. ”Kelamaan di depan komputer tidak bagus untuk kesehatan terutama kesehatan mata dan pinggang. Waktu yang ideal adalah dua atau tiga jam sehari.”

Apa itu komputer?
Tahukah kamu, komputer sebenarnya sejenis mesin khusus. Dalam Ensiklopedi Populer Anak dijelaskan, kendati tidak bisa berpikir sendiri seperti manusia, komputer bekerja seperti sebuah otak elektronik yang bisa menyelesaikan banyak soal dan mengolah data (informasi) dengan amat cepat. Misalnya, komputer besar pada sistem pengendali lalu lintas udara bisa mengatur jalur terbang bagi ratusan pesawat sekaligus dan menunjukkan arah terbangnya guna menghindari tabrakan.

Selain komputer besar, ada pula yang disebut mikrokomputer yaitu komputer kecil yang dirancang untuk satu orang. Berbeda dengan komputer besar yang mungkin bisa menempati satu ruangan, mikrokomputer bisa ditempatkan di atas meja kerja, bahkan bisa juga dimasukkan ke dalam kopor. Nah, komputer yang ada di rumah kamu, termasuk jenis ini. Mikrokomputer terdiri dari empat unit dasar yaitu papan tus untuk mengetik data, memori untuk menyimpan data dan program, unit pengolah untuk melaksanakan perintah dari program, dan layar monitor untuk menampilkan hasil kerja komputer.

Kamu perlu tahu juga bahwa komputer terdiri atas ribuan sirkuit elektronik kecil. Agar bisa bekerja, komputer sebelumnya harus diberi perintah atau program, yang memberitahukannya cara menangani suatu tugas khusus. Nah, begitu program dijalankan, komputer bisa melakukan tugas yang meliputi pengolahan berbagai jenis data.

Cara mudah memiliki komputer
O ya, mengenai komputer, ada kabar cukup menggembirakan nih. Baru-baru ini, Bank Negara Indonesia (BNI) bekerjasama dengan Microsoft dan penyedia teknologi terkemuka Intel dan Zyrex meluncurkan program PC Pertamaku, yakni sebuah program kepemilikan PC (Personal Computer) pertama bagi anak-anak dan keluarga.

Lewat program ini, kamu tentunya dengan bantuan orang tua bisa memiliki PC dengan harga terjangkau. Proses untuk mendapatkannya pun begitu mudah.Dalam program ini, tersedia tiga pilihan PC yaitu PC dengan teknologi Windows XP Starter Edition yang berbahasa Indonesia, dan 2 tipe PC dengan teknologi Windows XP Home Edition. Harganya mulai dari Rp 3,7 juta hingga Rp 7,4 juta.

Apa sih sebenarnya tujuan diadakannya program ini? Coba deh simak apa yang dikatakan Pak Sahala Manik, General Manager BNI Card Center. Program ini, kata Pak Sahala, dimaksudkan untuk memaksimalkan pengetahuan generasi muda dengan bantuan teknologi informasi. Artinya, program PC Pertamaku bukanlah produk konsumsi, tapi merupakan sarana belajar dan investasi bagi pendidikan anak-anak.

Kalau kamu berminat, kamu bisa membicarakan hal ini dengan orang tuamu. Berapa sih biayanya? ”Cicilan mulai Rp 300 ribu per bulan,” kata Pak Sahala. Ah, mudah-mudahan, angka ini tidak terlalu berat buat orang tua kalian. ruz

sumber: http://www.republika.co.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s