Download Situs Dengan Httrack

Pada kali ini saya akan berbagi cara memperoleh semua halaman situs dengan cara mendownload menggunakan software Httrack. Keuntungan dari cara ini adalah semua halaman situs yang didownload dapat diperoleh tanpa harus berulangkali malakukan Save Page As…, Selain itu dapat dijalankan pada komputer yang tidak terkoneksi dengan internet, tetapi serasa sedang surfing n browsing di komputer yang terhubung dengan internet. Yang belum punya, bisa download di http://www.httrack.com/html/index.html. Kemudian instal pada komputer yang terhubung dengan internet untuk melakukan proses download situs yang dituju.

Setelah proses penginstalan selesai jalankan program httrack. Pada dekstop terdapat icon httrack bisa langsung gunakan.

 

1. Anda akan mendapatkan halaman awal seperti pada gambar di bawah ini.

httrack1

Isikan nama project, nama project ini akan menyimpan seluruh halaman situs yang didownload. Kemudian Base Path merupakan lokasi penyimpanan folder pada harddisk. Anda bisa merubah lokasi penyimpanan dengan cara klik pada button sebelah kiri. Setelah selesai klik Next.

2. Halaman selanjutnya seperti pada gambar di bawah ini.

httrack2

Pada bagian Action pilih Download web site(s) jika ingin mendapatkan situs yang merupakan link dari situs yang sedang didownload, maka bisa memilih Download web site(s) + questions. Pada bagian Web Addresses: (URL) masukkan alamat situs yang akan didownload sebagai contoh http://www.someweb.com/~cool/ . Jika ingin menambahkan alamat situs tinggal klik pada Add URL… Setelah selesai klik Next.

3. Pada tahap selanjutnya langsung klik Finish

4. Tahap selanjutnya Httrack akan mendownload situs dengan memberikan informasi status halaman yang didownload, lihat gambar di bawah ini.

httrack3

Pada bagian ini juga terdapat ukuran file yang sudah didownload. Jika ukuran file suda besar dan situs yang didownload serasa sudah cukup, klik stop.

5. Tahap akhir setelah selesai mendownload akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

httrack4
Tampilan ini juga akan keluar pada saat seluruh situs yang didownload berhasil disimpan dan bisa juga situs yang didownload tidak dapat kita simpan karena ada proteksi dari yang empunya.

Selamat mencoba…..

 

 

 

Advertisements

24 thoughts on “Download Situs Dengan Httrack

  1. aan says:

    ok thanks,….
    oya can u help me?
    i need tutorial & sample to make database & aplication program with Ms.Access….:-)…
    thky…

  2. makasih buat tutorialnya, tapi kok saya ga bisa download semua isi webnya KBBI ya??cuman halaman depannya doang. Jadi kalo saya masukin kata untuk dicari trus di search malah keluar error karena ga sambung ke internet

  3. Gondhiel says:

    Hmmmmm,sebenernya saya punya software Htttrack ni dah lama,pi ga tawu buat paan.. thanks yupz tas pencerahannya… *_*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s