Ketika Harus Memilih …

Job seeker

Banyak pencari kerja yang mungkin pernah mengalami dilema, bingung memilih satu diantara 2 tawaran pekerjaan yang datang bersamaan. Kadang pilihan atas dasar penawaran gaji yang lebih besar saja belum tentu yang terbaik. Ada banyak hal lain yang perlu dijadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk menerima suatu tawaran dan menolak yang lainnya, yaitu:

Berkaitan Dengan Posisi Yang Ditawarkan

  1. Cek status posisi yang ditawarkan. Apakah karyawan tetap atau kontrak? Bila karyawan tetap, berapa lama masa percobaannya?
  2. Bagaimana karakteristik pekerjaan itu? Tugas lapangan atau di belakang meja? Apakah membutuhkan ketelitian, kreativitas atau ketrampilan berkomunikasi? Hal-hal apa saja yang ditargetkan atau bagaimana prestasi Anda akan diukur? Apakah kira-kira Anda mampu menunjukkan prestasi yang baik? Lakukan evaluasi mendalam sesuai dengan kondisi dan kemampuan Anda.
  3. Mengapa posisi itu kosong? Karena pengembangan perusahaan, pembukaan cabang baru atau menggantikan orang lain? Bila posisi baru, sanggupkah Anda merintis sistem baru? Bila menggantikan orang lain, mengapa orang yang lama keluar? Bila disebabkan oleh suatu konflik internal, pelajari apakah Anda mampu menghadapi hal serupa?
  4. Bila Anda memiliki ambisi untuk meraih karir lebih tinggi, adakah peluang jenjang karir untuk posisi itu?
  5. Bagaimana struktur organisasi di departemen yang bersangkutan? Siapa atasan langsung Anda nantinya? Apa Anda merasa akan bisa bekerja sama dengannya? Apa latar belakang pengalaman atau pendidikannya? Sudah berapa lama ia menjabat posisi itu? Seberapa besar wewenangnya untuk mengambil keputusan?
  6. Paket benefit apa lagi yang ditawarkan di luar gaji? Adakah tunjangan kendaraan, kesehatan, HP, tunjangan hari tua, bonus, training? Pertimbangkanlah mana yang lebih menguntungkan.

Berkaitan Dengan Perusahaan
Sudah berapa lama perusahaan itu berdiri? Perusahaan yang usianya lebih tua pada umumnya lebih mapan dan menjanjikan dibandingkan perusahaan yang baru berdiri. Tetapi bagaimana potensi pertumbuhannya? Bila perusahaannya baru tetapi prospek dan pertumbuhannya pesat dan Anda sendiri menyukai tantangan baru, mengapa tidak?

Siapa perusahaan pesaingnya? Bagaimana posisinya dalam kompetisi di pasar? Perusahaan yang merupakan pemimpin pasar tentunya jauh lebih menjanjikan. Apakah karyawan di perusahaan itu banyak yang ke luar masuk? Bila ya, apakah merata di hampir semua departemen? Ha-hal ini harus Anda pelajari lebih lanjut.

Sumber: http://www.karir.com 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s