Rahasia Taksbar 1

Taksbar adalah sebuah on-screen toolbar pada layar yang menunjukkan task atau aplikasi yang sedang aktif atau berjalan. Jika kita mengklik tombol taksbar, hal ini akan mengakibatkan aplikasi yang sedang berjalan kembali pada startup-nya atau posisi awalnya. Yang bisa kita lihat adalah tombol start, luanch bar, icon tray, dan show time.

Pada kali ini akan dibahas mengenai optimasi taskbar untuk windows xp, antara lain merubah tampilan taksbar, menyederhanakan tampilan pada menu start, menambah dan menghilangkan shortcut pada menu start. Langsung saja akan kita bahas satu-persatu. Untuk membuka jendela taksbar dengan cara klik kanan pada taksbar kemudian klik Properties, lihat gambar 1.

Setelah membuka taksbar seperti cara diatas kemudian akan terlihat jendela tampilan seperti pada gambar 2. Pada jendela tersebut kita dapat mengaturnya dengan cara checklist pilihan yang ada. Pada frame Taksbar appearance terdapat beberapa pilihan yang bisa kita atur sesuai dengan kebutuhan kita.

a. Lock the taksbar: Adalah pilihan untuk mengunci taksbar dengan tujuan mencegah taksbar dapat dipindahkan dengan cara drag n drop atau merubah ukuran taksbar. Pengaturan ini juga dapat langsung kita pilih pada saat klik kanan pada taksbar.

b. Auto-hide the taksbar: Pilihan ini dapat digunakan jika anda mengi-nginkan tampilan layar penuh atau taksbar tersembunyi, pada saat anda menjalankan aplikasi ataupun tidak. Untuk melihat taksbar anda tinggal mengarahkan mouse kebagian taksbar secara otomatis taksbar akan muncul. Dan taksbar akan menghilang secara otomatis ketika mouse tidak diarahkan pada taksbar.

c. Keep the taksbar on top of other windows: Jika pilihan ini dipilih maka taksbar tidak akan terlihat pada saat kita menjalankan suatu apliksi. Walaupun mouse kita arahkan pada taksbar, ini yang membedakan dengan Auto-hide the taksbar. Untuk melihatnya kita diharuskan untuk meminimaze semua jendela yang sedang aktif, dengan kata lain taksbar hanya akan terlihat pada jendela dekstop dan aplisaksi dengan tampilan restore down.

d. Groups similar taksbar button: Pilihan ini digunakan untuk mengelompokkan aplikasi yang sama pada saat dijalankan. Sebagai contoh apabila membuka beberpa aplikasi maka pada taksbar akan terlihat semakin kecil ukuran task yang sedang berjalan. Jika kita mengaktifkan pilihan ini maka taksbar akan mengelompokkan dalam satu task pada aplikasi yang sama. Sebagai ilustrasi bisa dilihat pada gambar 3.

e. Show Quick Launch: Pilihan ini akan menampilakan Quick launchbar yang dapat kita gunakan untuk mempercepat membuka suatu aplikasi. Lihat gambar 4 keterangan mengenai launchbar. Untuk menambah isi dari launchbar dapat dilakukan dengan cara drop n drag shortcut yang ada pada dekstop kebagian launchbar, sedangkan untuk mengurangi atau menghilangkannya drop n drag shortcut pada launchbar ke bagian dekstop. Launchbar berfungsi untuk mempercepat membuka suatu aplikasi.

Untuk mengatur tampilan launchbar dapat dilakukan pada saat taksbar tidak dikunci. Untuk unlock taksbar caranya seperti pada poin a. Ketika taksbar unlock maka pada bagian launchbar akan terlihat tanda “:; shortcut icon ;:”, drag pada bagian ;: untuk memperlebar (kekanan) dan memperkecil (kekiri).

Pada frame Notification area terdapat dua pilihan yaitu:

a. Show the clock: Pilihan untuk memperlihatkan tampilan waktu pada taksbar bagian pojok kanan.

b. Hide inactive icons: Jika ini dipilih maka pada sistem tray akan muncul tanda “<<”, menandakan bahwa masih terdapat program yang berjalan pada sistem tray. Untuk mensettingnya dapat dilakukan pada tombol Customize, kemudian atur dengan cara klik pada aplikasi yang sedang berjalan dengan memilih pada combo. Pilihan yang ada antara lain Hide when inactive, always hide, dan always show. (pilih sesuai selera)

Semoga bermanfaat

Advertisements

One thought on “Rahasia Taksbar 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s