Rubik’s Cube 3×3

Akhir -akhir ini banyak sekali yang memaninkan permainan ini. Tidak heran jika di tokok-toko mainan banyak yang menjual permainan ini.

SEJARAH

Magic Cube atau biasa disebut Rubik’s Cube ditemukan / dibuat pada tahun 1974 ( official invention date ) di ibukota Hungaria, Budapest oleh salah seorang pengajar Department of Interior Design at the Academy of Applied Arts and Crafts, Budapest bernama Erno Rubik ( nah…udah tau kan kenapa bisa disebut Rubik’s Cube ). Pada saat mengajar, Erno Rubik lebih menyukai menggunakan model nyata yang terbuat dari kertas, kertas karton, kayu atau plastik untuk mengkomunikasikan / menjelaskan idenya kepada mahasiswa, agar penjelasannya dapat lebih dimengerti dengan baik dan dapat mudah diingat oleh mahasiswanya.

Erno Rubik mematenkan Magic Cube di Hungaria pada tahun 1975, dan first test batches tidak diproduksi secara massal hingga tahun 1977. Teman – teman dan mahasiswa Erno mendorong Magic Cube buatannya untuk diproduksi secara massal, dan sebulan kemudian Magic Cube buatannya akhirnya diproduksi secara massal. Dan Rubik’s Cube di ekspor dari Hungaria pada Mei 1980. Setelah itu, selama bertahun – tahun Erno Rubik terus bekerja memproduksi mainan tersebut di 7 kota dan terus – menerus mencoba untuk membuat permainan – permainan dan puzzle baru. Dan sekarang sudah banyak jenis Magic Cube yang sudah beredar, ada 2×2, 3×3, Mirror Block Cube,dll, dan juga sudah banyak yang bisa menyelesaikan permainan puzzle ini…mungkin termasuk kamu. Dan juga sudah banyak speedcuber yang lahir dan pemegang rekor saat ini adalah : Erik Akkersdijk dengan waktu 7.08 detik.

List records bermain rubik’s click here

Kompetisi di Indonesia bulan Juli click here

Video tutorial 1, 2, 3

Semoga bermanfaat

Advertisements

4 thoughts on “Rubik’s Cube 3×3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s